Jumat, 30 Desember 2011

Perbedaan Rekayasa Lalu Lintas dengan Manajemen Lalu Lintas

Rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas, merupakan teknik-teknik mengatasi permasalahan lalu lintas itu sendiri. Kadang sebagian orang menganggap kedua teknik ini adalah sama, namun kenyataannya teknik-teknik ini berbeda. Berikut adalah perbedaan anatar rekayasa lalu lintas dan manajemen lalu lintas :
  1. Rekayasa Lalu lintas
  • Rekayasa lalu lintas adalah suatu tahap dari rekayasa transportasi yang menyangkut perancangan, perencanaan geometrik dan operasi lalu lintas dari segala macam jalan, jaringan jalan, terminal, tanah sekitarnya serta hubungan dengan jenis angkutan lainnya. (menurut Institute of Transportation Engineers, USA), sedangkan menurut Institute of Civil Engineers, England, Rekayasa lalu lintas adalah bagian dari kerekayasaan yang berhubungan dengan perencanaan lalu lintas dan perencanaan jalan, lingkungan dan fasilitas parkir dan dengan alat-alat pengatur lalu lintas guna memberikan keamanan, kenyamanan dan pergerakan yang ekonomis bagi kendaraan dan pejalan kaki.
  • Ruang lingkup rekayasa lalu lintas adalah : studi karakteristik lalu lintas, perencanaan transportasi, perencanaan geometrik jalan, operasi lalu linta, dan administrasi.
  • Rekayasa lalu lintas cenderung mengubah suatu struktur secara frontal, dan cenderung bersifat perencanaan jangka panjang.
     2.  Manajemen lalu lintas
  • Manajemen lalu lintas adalah serangkaian upaya untuk mengoptimalkan kinerja lalu lintas melalui tahapan perencanaan, pengaturan, pengawasan dan pengendalian tanpa melakukan perubahan terhadap  infrastruktur secara substansial. Yang berarti manajemen mengoptimalkan suatu keadaan yang sudah ada.
  • tujuan manajemen lalu lintas adalah mampu meningkatkan kapasitas, mampu menberikan prioritas terutama pada angkutan masal, mampu mengendalikan permintaan parkir, mampu mengendalikan dampak lingkungan akibat lalu lintas, mampu memberikan keselamatan berlalu lintas, mampu mengedalikan pembrorosan BBM dan mengatur hirarki jalan dalam sistem transportasi.
  • Hasil teknik manajemen lalu lintas adalah manajemen kapasitas, manajemen prioritas, manajemen permintaan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar